Mamasa Kembali Diguncang Gempa 5,2 SR, Dua Orang Pingsan

JawaPos.com – Gempa dengan kekuatan 5,2 Skala Richter (SR) kembali mengguncang wilayah Mamasa, Sulawesi Barat pada Rabu (7/11) pukul 16.42 WIB. Pusat gempa terletak di darat, di kedalaman mencapai 11 kilometer pada lokasi 9 kilometer bagian tenggara Mamasa.

“Gempa tidak berpotensi tsunami, terasa kuat sekitar 4-5 detik,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan tertulisnya, Rabu (7/11).

Dia melaporkan, masyarakat yang sebelumnya sudah tinggal di lokasi pengungsian sebanyak 10.646 jiwa merasa panik dan berhamburan keluar ke tanah lapang. “Dilaporkan 2 orang pingsan karena kaget atas kejadian gempa tersebut,” katanya.

Sebelumnya, masyarakat sudah mengungsi akibat gempa berkekuatan 5,5 SR pada Selasa (6/11) pukul 01.35 WIB. Menurut Sutopo, mereka sudah mengantisipasinya dengan cukup baik, yakni bergegas mencari lapangan. Pasalnya, pusat gempa yang berada di darat itu terasa sangat keras.

“Masyarakat mengantisipasi gempa dengan mengungsi di tanah lapang karena saat gempa dirasakan keras selama 4-5 detik,” tegas dia.

Hingga saat ini, belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan akibat gempa. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mamasa juga masih melakukan pendataan dampak gempa.

(yes/JPC)