14 Wisata Alam Jogja dari Pantai Hingga Pegunungan, Asyik Buat Refreshing

Di bagian selatan, Jogja berbatasan langsung dengan samudera hindia. Hal ini yang membuat Jogja memiliki jajaran pantai selatan yang indah. Banyak pantai yang dapat menjadi destinasi Anda di kala berkunjung ke Jogja.

Yang paling terkenal adalah pantai Parangtritis yag merupakan pantai terluas di Jogja. Namun selain Parangtritis ada banyak alternatif pantai bagi Anda yang ingin menikmati suasana pantai selatan di Jogja. Berikut beberapa pantai yang ada di Jogja:

1. Pantai Glagah

Pantai Glagah terletak di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Pantai ini cukup menarik karena memiliki laguna yang indah. Selain dikenal dengan lagunanya, Pantai Glagah juga dikenal dengan tetrapod atau pemecah ombak. Di tengah-tengah hamparan tetrapod ini dibangun dermaga panjang dimana pengunjung dapat berjalan ke arah laut.

Lokasi tetrapod inilah yang menjadi pilihan wisatawan untuk mencari foto terbaik. Terutama saat ombak yang datang mengenai tetrapod-tetrapod tersebut.

Selain terkenal dengan laguna serta tetrapod kini Pantai Glagah juga memiliki magnet baru berupa kebun bunga matahari.

2. Pantai Pandansimo

Pantai Pandansimo terletak di sisi paling barat dan berdekatan dengan sungai Progo tepatnya berada di Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul, Yogyakarta. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri yaitu dengan adanya kincir angin di sepanjang jalannya, kincir angin digunakan untuk pembangkit listrik sebagai penerangan pantai ketika malam hari.

Selain itu pantai ini juga tak lekat dari kesan mistis karena pernah menjadi tempat Sri Sultan Hamengku Buwono VIII bertirakat. Di sini juga Anda dapat menyaksikan warga setempat yang beraktivitas sebagai nelayan.

3. Pantai Goa Cemara dan Pandansari

Masih di kawasan Bantul, pantai Goa Cemara juga merupakan pantai yang patut untuk Anda kunjungi. Disebut goa cemara karena terdapat banyak pohon cemara disepanjang jalan menuju pantai. Pohon-pohon cemara ini membentuk lengkungan laiknya gua.

Di sini Anda akan merasakan sensasi seperti bukan berada di pantai melainkan berada di hutan cemara yang sejuk.

Hanya bersebelahan dengan Goa Cemara, pantai Pandansari juga menawarkan panorama laut selatan dari menara mercusuar yang ada. Pantai ini juga memiliki agrowisata buah naga yang bisa menjadi alternatif jika Anda ingin sekalian membawa oleh-oleh buah naga.

4. Pantai Timang

Pantai Timang terletak di kabupaten Gunungkidul tepatnya di daerah Tepus. Pantai ini memiliki ciri khas berupa gondola yang sangat menantang adrenalin. Pantai ini sudah terkenal hingga mancanegara lho. Bahkan salah satu variety show SBS, dari Korea sengaja datang ke pantai ini untuk menikmati tantangan adrenalin dari gondola pantai Timang.

5. Pantai Jogan

Pantai Jogan merupakan jajaran pantai Gunungkidul yang memiliki kesan eksotis. Di sini Anda dapat menemukan air terjun yang jatuh dari atas tebing pantai ini. Air Terjun Inilah yang membuat pantai Jogan memiliki keunikan tersendiri. Pantai ini juga belum banyak dikenal wisatawan sehingga suasananya masih terbilang tenang dan asri.

6. Pantai Jungwok

Gunungkidul dikenal dengan pantai berpasir putih yang belum banyak terjamah wisatawan. Salah satu pantai di Gunungkidul yang memiliki pemandangan indah adalah pantai Jungwok. Pantai ini memiliki batu karang besar yang menambah keeksotisan pantai ini. Pantai Jungwok juga cocok bagi Anda yang ingin camping di pinggir pantai.

Selain, pantai tersebut masih banyak jajaran pantai di Gunungkidul yang tak kalah indah untuk dijelajahi seperti pantai Wediombo, Indrayanti, Siung, Pok Tunggal, Sarangan, dan masih banyak lagi.