10 Kuliner Pribolinggo Ini Dijamin Bikin Ketagihan

Liputan6.com, Jakarta Kalau mendengar nama Probolinggo, pasti kamu akan langsung teringat dengan Gunung Bromo. Sebab wisatawan biasanya berkunjung ke Gunung Bromo melalui Cemoro Lawang, Kabupaten Probolinggo. Namun selain mengunjungi tempat wisatanya, jika ke Probolinggo rasanya kurang lengkap kalau tidak mencicipi aneka kuliner khas daerahnya juga. Apalagi pas libur Lebaran, tentunya #PesonaMudik2019 makin indah jika menikmati kuliner Probolinggo bersama keluarga.

“Probolinggo itu bukan hanya destinasinya yang keren, kulinernya juga juara. Banyak destinasi kuliner yang legendaris berada di Kota ini. Kalau sudah legendaris sudah pasti jaminan rasanya tak perlu diragukan. Sudah pasti #PesonaMudik2019 makin asik di Probolinggo,” ucap Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kamis (23/5).

Nah yang penasaran, berikut 10 destinasi kuliner yang siap menyambut wisatawan di libur Lebaran 2019.

1. Bakso Pak Eddy

Terletak di Jalan Soekarno Hatta, warung Bakso Eddy tak pernah sepi oleh pengunjung. Bagaimana tidak, bakso yang diracik oleh Pak Eddy ini selalu enak dan tak berubah sejak awal berjualan. Seperti yang diketahui banyak warga Probolinggo, kedai ini sudah berdiri sejak 1997. Bahkan menjadi langganan para artis jika berkunjung ke Probolinggo. Sebut saja penyanyi dangdut sekelas Ayu Tingting, Eno Lerian dan banyak lainnya.

Satu porsi di Bakso Eddy berisi beragam menu menggiurkan. Ada bakso seperti urat berbentuk segitiga, ati, telur serta tahu isi dan bakwan goreng. Aneka menu tersebut makin nikmat dengan siraman kuah bening yang aromanya semerbak. Apalagi ditambah dengan daun seledri serta sambal khas racikan Pak Eddy.

2. Rumah Makan Sumber Hidup

Tempat wisata kuliner Probolinggo berikutnya adalah Rumah Makan Sumber Hidup. Sama dengan bakso Pak Eddy, rumah makan Sumber Hidup ini juga menjadi salah satu rumah makan yang sangat populer di Probolinggo. Rumah makan dengan ruangan yang sangat nyaman, membuat para pengunjungnya betah berlama-lama berada di Rumah Makan Sumber Hidup ini.

Salah satu menu favorite yang ada di rumah makan sumber hidup ini adalah ice creamnya. Banyak juga sebenarnya pilihan menu makanan berat, camilan dan hidangan penutup yang enak enak di Rumah Makan Sumber Hidup ini.

Lokasinya juga sangat strategis dan mudah untuk ditemui Jalan Panglima Besar Sudirman, Sukabumi, Mayangan, Sukabumi, Probolinggo.

3. Sari Rawon

Penggemar makanan berkuah hitam, pasti tahu menu rawon legendaris satu ini. Depot Sari Rawon yang berlokasi di Jalan Raya Pesisir, Pesisir, Sumberasih, Probolinggo ini menyuguhkan beberapa menu lezat. Seperti nasi cumi ayam hitam, mie goreng udang, dan nasi rawon yang berisi daging, empal goreng, tempe, dan taburan kecambah.

Jika kamu ingin sesuatu yang berbeda, kamu bisa memesan menu nasi pecel rawon. Campuran bumbu pecel dan kuah rawonnya benar-benar kombinasi yang sangat pas.

Nah, gak perlu khawatir karena satu porsi nasi pecel rawon di depot ini hanya merogoh kocel Rp 15 ribu saja, lho. Murah dan enak!

4. Rawon Nguling

Mungkin kalian sudah pernah mendengar tentang Rawon Nguling di kota besar yang ada di Jawa Timur. Tapi taukah kamu jika Rawon Nguling ini berasal dari Probolinggo. Lebih tepatnya sih karena lokasi asalnya berada di daerah kecamatan Nguling, Probolinggo.

Rumah makan Rawno Nguling ini juga amat sangat legendaris dan selalu ramai di setiap harinya. Apalagi jika memasuki jam makan siang, siap-siap menjumpai rumah makan yang ramai dengan pengunjung. Perpaduan rawon dengan nasi dan ditambah dengan sambel bajaknya dijamin bikin kamu ketagihan dan bakal balik lagi ke rawon nguling ini.

Lokasinya cukup mudah dijumpai, karena berada di jalur menuju beberapa tempat wisata yang ada di Probolinggo. Alamat lengkapnya berada di jalan Raya 75, Tambak Rejo, Tongas, Probolinggo.

5. Soto Ayam Kraksaan Pak Koya

Warung Soto Pak Koya berada di sebelah barat Gedung Islamic Center, tepatnya di Jalan Mayjen Sutoyo, Kota Kraksaan.

Bisnis keluarga ini dirintis oleh Koya pada sekitar 1950. Kini, usaha kuliner ini diteruskan oleh Mardiyah, cucu Koya.

Soto ini paling terkenal di Kraksaan dan paling ramai. Sempat berpindah-pindah warung, kini sudah berdiri permanen di lokasi saat ini.

Awalnya, Warung Soto Pak Koya mampu menjual soto hingga menghabiskan 3 ekor ayam kampung per hari. Kini, dalam sehari, warung ini menghabiskan sekitar 20 ekor ayam kampung.

Nikmatnya Soto Pak Koya pernah mendapat penghargaan di tingkat Jawa Timur. Pada 1991, Soto Pak Koya meraih juara pertama makanan khas se-Jawa Timur di Surabaya.

Sekilas, Soto Pak Koya sama dengan soto lainnya. Ada daging ayam kampung, kuah kental, nasi ataupun lontong, dilengkapi dengan telur.

Yang menjadi pembeda adalah tambahan koya, serutan kelapa yang digoreng, sehingga rasanya semakin gurih dan nikmat.

Nama Warung Soto Pak Koya bukan karena bahan koya yang menjadi tambahan pelengkap sajian. Namun, dari nama pendiri warung ini yaitu Pak Koya.

6. Nasi Campur Nyak Nyong

Nasi Campur Nyak Nyong ini berlokasi di Jl. WR. Supratman, Probolinggo. Tempat yang satu ini memang sudah populer karena menunya yang sangat lezat. Makanan ini menjadi salah satu menu yang selalu di cari oleh warga Probolinggo. Sekitar 90 menit dari pusat Kota Probolinggo, kalian udah bisa tiba di warung kece yang satu ini.

Dalam seporsi nasi campur ini, kita akan menemukan sejumput serundeng, empal kuah, mie, dendeng kemudian disiram dengan kuah santan yang sangat kental dan sedikit sambal di sisi piring.

Namun jangan meremehkan si sambal ini, meski hanya sedikit tapi pedasnya bisa membuat air mata keluar. Porsinya memang tidak terlalu banyak banget, tapi karena penggunaan santan yang cukup kental sehingga membuat kita terasa kekenyangan setelah makan.

7. Warung Kencur

Jika mengunjungi Probolinggo bolehlah mampir ke Warung Kencur Probolinggo. Lokasi yang strategis karena berada di jalur utama akan membuat semua orang yang akan menuju ke bali atau pulang dari bali melewati jalur darat pasti melewati Warung Kencur Probolinggo ini ketika memasuki wilayan Probolinggo.

Warung Kencur Probolinggo ini bisa dibilang sebagai tempat kuliner probolinggo terkomplit. Tidak hanya menyajikan makanan yang enak dan nikmat, tetapi banyak sekali fasilitas yang bisa digunakan para pengunjungnya. Warung Kencur Probolinggo ini juga ada tempat cuci mobil dan distro juga lho.

Warung ini berada di Jalan PB Sudirman Banjarsari KM. 91, Bayeman, Tongas, Banjarsari, Sumberasih, Probolinggo.

8. Bebek Goreng Bu Lely

Bebek Goreng Bu Lely menjadi restoran lokal yang laris dan terkenal di Probolinggo. Lokasinya berada di di Jalan KH. Mansyur 6 B, Probolinggo.

Sesuanya namanya, menu yang paling dicari di sini adalah bebek gorengnya yang enak, empuk dan gurih. Dari sajiannya pun sangat menarik dan harganya pun terjangkau di kantong. Selain sajian bebek goreng, masih banyak menu pilihan lain yang bisa dipilih kawan-kawan sekalian, apabila bosan dengan menu sajian bebek.

9. Cafe D’Bell Pepper

Tempat nongkrong asik di Probolinggo selanjutnya adalah Cafe D’Bell Pepper. Salah satu cafe terbaik yang ada di Probolinggo. Cafe ini berkonsep modern oriental yang akan membungkus suasana menjadi nyaman dan bikin betah berada di cafe ini.

Menu yang ditawarkan Cafe D’Bell Pepper ini juga beragam. Dari Steak sampai Pizza tersedia dalam daftar menu mereka. Bagi kalian pecinta kopi, di Cafe D’Bell Pepper juga tersedia aneka kopi, dijamin kalian akan terpuaskan.

Cafe ini berlokasi di Jalan Panglima Sudirman No. 1, Tisnonegaran, Kanigaran, Tisnonegaran, Kota Probolinggo.

10. Rumah Kopi Barista

Untuk yang satu ini pas banget buat kalian yang doyan ngopi, Karena di Probolinggo ada tempat ngopi terbaik bernama Rumah Kopi Barista. Di sini bagi kalian pencinta kopi pasti akan termanjakan oleh sajian kopi yang ada di Rumah Kopi Barista.

Tempatnya juga sangat nyaman untuk kalian gunakan menghabiskan malam bersama teman-teman atau pasangan. Bagi kalian yang tidak terlalu suka kopi kalian juga bisa memilih menu lainnya, karena disini tidak hanya menyediakan kopi saja.

Silahkan sambangi cafe ini di Jalan Dokter Moch Saleh, Sukabumi, Mayangan, Kota Probolinggo.